H. Mahmud Sapsal Barugae
Dalam menguraikan prestasi belajar, peneliti menguraikan 2 bagian, yaitu
pengertian prestasi belajar dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap
prestasi belajar.
a. Pengertian
prestasi belajar
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUHOk9SFfufyxjDFXL9n0b5PfRJ-giFX3yWXiy_ZPNvmnNOB6U_8o4kdjYj7P2yVRRYUti471xPlxKCN51BuduGrrUpL5DmKGXpKqdHG9PljR0Qv3Ord_3b1K22hkAFi4aAxu2hgsiokao/s320/AKU+DI+1976.jpg)
1) Arti
Prestasi.
Secara etimologi, prestasi
berarti "hasil yang
telah dicapai, (dilakukan, dikerjakan)".
Dengan demikian dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan istilah
prestasi, adalah hasil yang dapat disaksikan dan dilihat dalam bentuk perbuatan
atau tindakan.
Mas'ud Khasan Abdul Qohar, di dalam Kamus Istilah Pengetahuan Populer,
mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan istilah prestasi adalah “Apa yang telah
dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan, hasil karya, hasil
yang diperoleh dengan jalan keuletan bekerja”
Dengan demikian, jelas bahwa istilah prestasi menunjukkan arti akan
adanya hasil usaha atau pekerjaan yang memuaskan atau bernilai tinggi.
2) Arti
belajar.
H.Engkoswara yang dikutip Sudirman mengemukakan bahwa, arti dari istilah
belajar, adalah :
Proses perubahan perilaku yang dapat dinyatakan dalam
bentuk penguasaan, penggunaan dan penilaian tentang pengetahuan, sikap dan
nilai serta keterampilan.
E.R. Guthrie yang dikutip Arifin, berpendapat bahwa “belajar adalah
"perubahan tingkah laku akibat dari pengalaman yang diperoleh melalui
usaha yang disengaja . . ."
Dengan demikian dapat dipahami bahwa belajar adalah suatu proses
perubahan sikap dan tingkah laku setelah terjadinya interaksi dengan sumber
belajar dalam hal ini dapat berupa buku, lingkungan, guru, atau sesama teman.
H.M.Arifin, mengemukakan pengertian tentang istilah belajar yaitu :
Suatu rangkaian proses kegiatan response yang terjadi
dalam satu rangkaian belajar mengajar, yang berakhir pada terjadinya perubahan
tingkah laku baik jasmaniyah maupun rohaniyah akibat pengalaman/ pengetahuan
yang diperoleh.
Berdasarkan pengertian tentang prestasi dan pengertian belajar
sebagaimana yang telah diuraikan di atas, maka dapat dipahami bahwa makna yang tercakup dalam istilah prestasi belajar
pada hakikatnya adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh
sesuatu hasil yang memuaskan, dalam hal ini berusaha untuk mencari tahu atau
mengetahui sesuatu hal guna memahami, dan menghayati serta mengamalkannya.
Untuk lebih mengarah kepada topik
pembahasan dalam judul penelitian ini, dapat dipahami bahwa prestasi belajar
diartikan sebagai hasil belajar anak yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan
proses belajar mengajar atau interaksi pembelajaran di kelas, melalui
suatu alat penilaian, yaitu ulangan
harian, dan evaluasi ulangan umum
semester.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar