Selasa, 11 Juli 2017

Kerjasama Orang Tua dengan Sekolah


Orang tua dan sekolah merupakan dua unsur yang saling berkaitan dan memiliki keterkaitan yang kuat satu sama lain.
Kerja sama antara sekolah dengan orang tua murid merupakan suatu kewajiban bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan yang diharapkan, selain kerja sama orang tua murid dengan sekolah bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan maka kerja sama ini diharapkan dapat menjadi ikatan rasa tanggung jawab orang tua untuk membantu dan mengawali kegiatan belajar anak di sekolah.
 Tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah dapat berjalan dengan baik bila orang tua murid selalu membantu sekolah memenuhi sarana pendidikan yang dibutuhkan dan saling kontrol terhadap kegiatan anak dalam belajar. Dalam kaitan ini dijelaskan oleh salah seorang ahli yang menyatakan bahwa “kerja sama sekolah dengan orang tua murid berwujud dalam bentuk informasi yang disampaikan kepada orang tua berupa berbagai catatan, laporan status anak di sekolah, pengelompokan anak di sekolah, kemajuan dan kemunduran mengenai tingkah laku di sekolah“.
Kerja sama orang tua dengan wali murid bukan saja tampak di dalam hubungan pribadi tetapi juga tampak hubungan permasalahan anak dan juga dalam menunjang perbaikan fasilitas sekolah. Dengan kerja sama yang baik antara sekolah dan orang tua murid lebih lanjut diharapkan dapat mencegah perilaku nakal di sekolah sehingga tujuan kegiatan belajar mengajar dapat berhasil dengan baik. 

Dari keterangan tersebut, dapat dipahami bahwa orang tua atau ayah dan ibu adalah sebagai subyek didik atau sumber belajar bagi anak, selanjutnya anak itu sendiri merupakan obyek didik  sebagai tanggung jawab kedua orang tua. Oleh karena itu, anak dapat menerima pembinaan dari orang  tuanya  secara instinktif, pengalaman, dan pembiasaan, sehingga orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak, dituntut menjadi sumber belajar bagi anak dalam kaitannya dengan peningkatan prestasi belajar anak pada lembaga pendidikan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Ekstrakurikuler

Pendidikan Ekstrakurikuler a. Pengertian pendidikan ekstrakurikuler Pendidikan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan d...