Selasa, 11 Juli 2017

Keikut sertaan Orang Tua dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak


Orang tua merupakan suatu panutan atau pemimpin dalam suatu keluarga yang terdiri dan ayah, ibu dan anak. Dalam pembahasan ini keluarga dimaksudkan merupakan suatu lembaga yang tertua dan pertama bagi setiap insan dan lembaga sosial dasar bagi pembentukan tingkah laku anak sehari-hari. Keluarga itu dibentuk melalui upaya perkawinan yang kemudian dianugerahi oleh Allah Swt dengan anak dan kemudian anak itu secara tidak langsung menjadi anggota keluarga. “Keluarga adalah wadah yang sangat penting diantara individu-individu dan group merupakan kelompok sosial yang pertama dimana anak menjadi anggotanya“.
Penelitian tersebut dapat peneliti simpulkan bahwa keluarga merupakan kelompok sosial terkecil yang umumnya terdiri dan ayah, ibu dan anak. Hubungan sosial diantara keluarga relatif kecil menetap dan didasarkan pada ikatan adopsi atau perkawinan. Hubungan anggota keluarga dijiwai oleh rasa tanggung jawab dalam keluarga. Fungsi keluarga ialah memelihara, merawat, membina, membimbing dan mengarahkan anak dalam upaya untuk mengendalikan diri pada perbuatan yang kurang baik dan bersikap sosial.
Konsep pengertian keluarga seperti itu dalam penelitian ini menjadi acuan memperoleh penjelasan tentang keikut sertaan orang tua terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Karena itu orang tua sebagai pembimbing, dan pendidik anak di rumah, maka orang tua sangat dituntut untuk mengantarkan perkembangan anak kearah perkembangan yang positif dan diharapkan dalam perkembangan anak ini dapat mengarahkan pada proses penyesuaian diri dengan lingkungannya.
Proses perkembangan anak pada umumnya sangat membutuhkan keikut sertaan dari orang tua dengan beberapa perlakuan atau sikap yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan anak yang bersangkutan. Karena itu untuk memperoleh pengertian sikap orang tua berikut dijelaskan bahwa : Sikap adalah suatu perbuatan, perilaku, gerak seseorang yang berdasarkan pada pendirian atau keyakinannya”

Berdasarkan konsep seperti itu, maka dapat disimpulkan bahwa suatu perilaku, tindakan dan perbuatan seseorang untuk mencerminkan dan dilakukan untuk kegiatan tertentu. Dalam pembahasan ini sikap orang tua yang dimaksudkan sebagai tindakan, perbuatan dan gerak-gerik orang tua atau keikut sertaannya untuk membina dan membimbing anak dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bimbingan orang tua ini diharapkan anak dapat memiliki bekal kehidupan yang berupa pengetahuan dan keterampilan untuk hidup sebagai warga negara dan warga masyarakat yang akhirnya mereka dapat rnenyesuaikan diri dengan lingkungannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Ekstrakurikuler

Pendidikan Ekstrakurikuler a. Pengertian pendidikan ekstrakurikuler Pendidikan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan d...