Kamis, 06 Juli 2017

PRESTASI BELAJAR


H. Mahmud Sapsal Barugae

Dalam menguraikan prestasi belajar, peneliti menguraikan 2 bagian, yaitu pengertian prestasi belajar dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar.

a. Pengertian prestasi belajar
Untuk menguraikan masalah tersebut, penulis terlebih dahulu membahas secara terpisah dan terperinci mengenai arti prestasi dan arti belajar.
1) Arti Prestasi.
Secara  etimologi,  prestasi   berarti  "hasil  yang  telah dicapai, (dilakukan, dikerjakan)".  
Dengan demikian dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan istilah prestasi, adalah hasil yang dapat disaksikan dan dilihat dalam bentuk perbuatan atau tindakan.
Mas'ud Khasan Abdul Qohar, di dalam Kamus Istilah Pengetahuan Populer, mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan istilah prestasi adalah “Apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan, hasil karya, hasil yang diperoleh dengan jalan keuletan bekerja”
Dengan demikian, jelas bahwa istilah prestasi menunjukkan arti akan adanya hasil usaha atau pekerjaan yang memuaskan atau bernilai tinggi.
2) Arti belajar.
H.Engkoswara yang dikutip Sudirman mengemukakan bahwa, arti dari istilah belajar, adalah :
Proses perubahan perilaku yang dapat dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan dan penilaian tentang pengetahuan, sikap dan nilai serta keterampilan.   
E.R. Guthrie yang dikutip Arifin, berpendapat bahwa “belajar adalah "perubahan tingkah laku akibat dari pengalaman yang diperoleh melalui usaha yang disengaja . . ."   
Dengan demikian dapat dipahami bahwa belajar adalah suatu proses perubahan sikap dan tingkah laku setelah terjadinya interaksi dengan sumber belajar dalam hal ini dapat berupa buku, lingkungan, guru, atau sesama teman.
H.M.Arifin, mengemukakan pengertian tentang istilah belajar yaitu :
Suatu rangkaian proses kegiatan response yang terjadi dalam satu rangkaian belajar mengajar, yang berakhir pada terjadinya perubahan tingkah laku baik jasmaniyah maupun rohaniyah akibat pengalaman/ pengetahuan yang diperoleh.  
Berdasarkan pengertian tentang prestasi dan pengertian belajar sebagaimana yang telah diuraikan di atas, maka dapat dipahami bahwa makna  yang tercakup dalam istilah prestasi belajar pada hakikatnya adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh sesuatu hasil yang memuaskan, dalam hal ini berusaha untuk mencari tahu atau mengetahui sesuatu hal guna memahami, dan menghayati serta mengamalkannya.
Untuk lebih mengarah kepada topik pembahasan dalam judul penelitian ini, dapat dipahami bahwa prestasi belajar diartikan sebagai hasil belajar anak yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar atau interaksi pembelajaran di kelas, melalui suatu   alat penilaian, yaitu ulangan harian, dan  evaluasi ulangan umum semester.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Ekstrakurikuler

Pendidikan Ekstrakurikuler a. Pengertian pendidikan ekstrakurikuler Pendidikan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan d...